Divisi PAS Kalteng Infokan Pembinaan WBP Dalam Dialog dengan Kominfo

Share:

Palangka Raya, INFO_PAS -Usai tampil live di ajang Kalteng Quality Expo 2019, Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Tengah diundang secara khusus dalam acara dialog singkat oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kalimantan Tengah, Senin (6/5). Dialog tersebut bertema pembinaan yang ada di lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara (rutan) se-Kalimantan Tengah.

Kepala Sub Bidang Pembinaan, Teknologi Informasi, dan Kerja Sama Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, Pirhansyah, mengatakan pihaknya memanfaatkan kesempatan ini untuk memberikan informasi penting terkait pembinaan-pembinaan yang telah dilakukan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di lapas dan rutan se-Kalimantan Tengah.

“Lapas/rutan merupakan satu wadah pembinaan bagi orang-orang yang selain melanggar hukum yang telah divonis bersalah oleh pemerintah sehingga wajib untuk menjalani masa pidananya. Akan tetapi dalam menjalani masa pidana tersebut, mereka berhak diberikan pembinaan, baik yang sifatnya pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian, agar pada saatnya nanti kembali ke masyarakat tidak merasa terasingkan dan memiliki keahlian kemandirian,” terangnya.

demonstrasi WBP

Sementara itu, Erick Jhon Sitohang selaku Kepala Sub Seksi Bimbingan Kerja Rutan Palangka Raya yang juga menjadi narasumber pada acara tersebut mengatakan dalam rangka Revitalisasi Pemasyarakatan pembinaan harus terus berjalan walaupun dana terbatas.

“Kami lakukan secara swadaya karena tidak termasuk dalam anggaran. Oleh karena itu, kami akan selalu berusaha dan berupaya melakukan inovasi untuk menciptakan produk yang menciptakan profit sehingga kegiatan pembinaan kemandirian di Rutan Palangka Raya akan terus berjalan,” tuturnya.

Erick menjelaskan apa yang ditampilkan stan Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah pada Kalteng Quality Expo 2019 merupakan hasil dari pembinaan yang dilakukan. Untuk itu, pihaknya juga membawa WBP yang kita bawa ke studio untuk melakukan demontrasi pembuatan produk merupakan sebagai bukti nyata kepada masyarakat luar bahwa petugas lapas/rutan telah membina dan memanusiakan manusia

 

 

 

Kontributor: Subbid Bina, TI, dan Kerja Sama

 

Divisi PAS Kalteng Infokan Pembinaan WBP Dalam Dialog dengan Kominfo | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya