Duta Layanan LPP Jakarta Bantu Masyarakat di Tengah Pandemi
Jakarta, INFO_PAS – Maraknya penyebaran Coronavirus disease (COVID-19) memaksa banyak aktivitas dihentikan sementara, mulai dari mengunjungi tempat wisata hingga bercengkerama dengan kerabat. Pelayanan publik yang bersifat tatap muka pun ikut ditutup, termasuk layanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
Atas situasi ini, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Jakarta tetap berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan tetap diadakannya duta layanan untuk memberikan informasi kepada masyarakat yang membutuhkan.
“Sejak adanya COVID-19, layanan kunjungan terpaksa kami hentikan, namun bukan berarti kami memberhentikan semua bentuk pelayanan. Dengan adanya duta layanan, masyarakat bisa mendapat banyak informasi secara langsung,” tutur Kepala Lapas Perempuan Jakarta, Herlin Candrawati, Senin (28/9).
Terhitung Mei 2020, Herlin menambahkan layanan kunjungan sementara digantikan dengan layanan video call dan layanan pemberian makanan kepada WBP atau bon posko. “Duta layanan dapat mengarahkan keluarga yang ingin memberikan bon posko atau juga melayani masyarakat yang menanyakan hak integrasi WBP,” lanjutnya.
Meski semua informasi dapat diakses secara online, Herlin mengakui masih banyak keluarga WBP yang datang untuk mendapatkan informasi lebih banyak. “Mungkin agar lebih jelas mereka lebih memilih untuk menanyakan langsung dan tetap kami layani,” tambahnya.
Duta layanan Lapas Perempuan Jakarta bertugas selama lima hari dalam sepekan mengikuti jam kunjungan. Dalam pelaksanaannya, duta layanan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.
Kontributor: Syifa Amelia