Kanwil Jateng & Aparat Keamanan Terkait Sinergikan Pengamanan Nusakambangan

Share:

Nusakambangan, INFO_PAS – Kerja sama seluruh instansi terkait untuk melakukan pengawasan dan pengendalian keamanan/ketertiban bersama, khususnya di wilayah Nusakambangan, menjadi bahasan dalam rapat koordinasi lintas sektoral terkait pengamanan di Pulau Nusakambangan, Kamis (24/5) di Demaja Wijayapua.

Dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah, Djoni Priyatno, rapat koordinasi ini dihadiri pejabat tinggi Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah, Komandan Pangkalan TNI AL, Komandan Distrik Militer, Kepala Kepolisian Sektor Cilacap, Balai Konservasi Sumber Daya Alam, serta seluruh Kepala Lembaga Pemasyarakatan se-Nusakambangan dan Cilacap.

Rapat ini juga merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Kepala Polda Jawa Tengah dan jajarannya pada Jumat (18/5) pekan lalu.

Djoni mengatakan portal menjadi peranan penting untuk mengatasi pengamanan lintas orang/barang yang masuk ke wilayah Nusakambangan, diantaranya Bagreg, Simpang Kamboja, Pasir Putih, dan Karang Anyar ujung lapas. Selain itu, diharapkan segera dilakukan pengosongan pemukiman penduduk yang berada disisi kiri sepanjang Sodong menuju Simpang Kamboja.

koordinasi pengamanan Nusakambangan

“Kelompok kerja yang ditujukan untuk membahas tentang SOP pengamanan kawasan Nusakambangan jangka pendek, menengah dan panjang akan segera dibentuk mengingat Lapas High Risk untuk khusus bandar narkoba di Lapas Batu segera difungsikan kembali,” terangnya.

Hasil rapat juga menekankan agar bangunan strategis/tempat strategis yang ditempatkan portal sebagai tempat pemeriksaan agar segera diperbaiki dan difungsikan sebagai tempat check point bagi pengawasan terhadap orang/barang yang masuk kewilayah Nuskambangan sertaagar sepanjang jalan utama steril dari orang atau penduduk ilegal maka dilakukan pemeriksaan data / identitas diri.

“Pemasangan pagar ornames pada wilayah Karang Anyar yang berbatasan dengan lapas akan dilengkapi pintu masuk petugas. Pemeriksaan terhadap pejabat / tamu dinas / petugas / pengunjung / pekerja yang masuk dan keluar Nusakambangan melalui pintu Dermaga Wijayapura juga harus dilakukan tanpa kecuali,” tambah Djoni.

Seluruh pihak pun sepakat mendukung pelaksanaan pengamanan bersama di Pulau Nasakambangan serta melakukan sterilisasi terhadap penduduk ilegal yang menetap/tinggal di Pulau Nuskambangan dengan melakukan koordinasi kepada Pemerintahan Daerah Kabupaten Cilacap.

“Tindak lanjut dari hasil rapat akan menjadi bahan evaluasi kerja Tim Peningkatan Kualitas Pelayanan Pemasyarakatan Nusakambangan kedepan yang lebih baik dan PASTI,” pungkas Djoni.

 

Kontributor: Kanwil Jateng

Kanwil Jateng & Aparat Keamanan Terkait Sinergikan Pengamanan Nusakambangan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya