Kunjungan Dan Studi Lapangan Taruna Poltekip Prodi Bimbingan Kemasyarakatan

Share:

 Jakarta, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Timur Utara ikut mendukung pembelajaran vokasi Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan dalam bidang Teknologi Informasi Pemasyarakatan, Jumat (10/5).

Kunjungan Dan Studi Lapangan Taruna Poltekip Prodi Bimbingan Kemasyarakatan

Program Studi Bimbingan Kemasyarakatan diikuti oleh Taruna Taruna Madya Tingkat II Angkatan LII Prodi Bimbingan Kemasyarakatan  yang berjumlah 84 orang dan 7 orang dosen. Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Jakarta Timur Utara, Netty Saraswaty, memberikan semangat kepada seluruh Taruna Poltekip. “Marilah bersama-sama kita mengikuti kegiatan ini, semoga para Taruna dapat menyelesaikan studynya dengan lancar,“ ujar Netty sebelum mengawali kegiatan.

Sementara itu,  Yuli Rosfarita selaku Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Kelas I Jakarta Timur-Utara memberikan materi tentang Bapas Jakarta Timur Utara yang berdiri tahun 1974.

Kunjungan Dan Studi Lapangan Taruna Poltekip Prodi Bimbingan Kemasyarakatan

“Balai Pemasyarakatan bertugas melakukan Pembuatan Litmas, Pendampingan, Pembimbingan, dan Pengawasan terhadap klien Bapas dan ABH sampai mereka dapat memperbaiki hidup, kehidupan dan penghidupan di luar Lapas, Rutan dan LPKA. Bapas memiliki cakupan wilayah yang terdiri dari Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Utara dan Kota Administratif Kepulauan Seribu,” jelas Yuli Rosfarita.

Yuli juga menjelaskan jumlah terakhir Klien Bapas Jakarta Timur Utara sebanyak 1593 Orang dan Anak sebanyak 11 Orang.

Setelah penjelasan dari PK Madya Bapas Jakarta Timur Utara tersebut selesai, dilanjutkan dengan pemberian materi tentang SDP dari pegawai Bapas Timur Utara, Royan. Materi yang dijelaskan oleh Royan tentang SDP Bapas, meliputi Pengertian Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), Apa itu SDP, Fungsi SDP, Penggunaan Aplikasi SDP dan SMS Gateway, Apa itu SMS Gateway dan SDP, SDP pada bisnis proses Bapas (Proses Pembebasan Bersyarat di Lapas dan Rutan), Spesifikasi Perangkat SDP, Fitur pada SDP Bapas, Bugs pada SDP Bapas, Kekurangan / kendala pada SDP Bapas.

 

Kontributor : Bapas Jakarta Timur Utara

 

Kunjungan Dan Studi Lapangan Taruna Poltekip Prodi Bimbingan Kemasyarakatan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya