Kunjungi Lapas Tangerang, Dubes Usman Pastikan Samuel Machado Nhavene Warga Negara Nigeria

Kunjungi Lapas Tangerang, Dubes Usman Pastikan Samuel Machado Nhavene Warga Negara Nigeria

Tangerang, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang menerima kunjungan Duta Besar Nigeria untuk Indonesia, Usman Ari Ogah bersama rombongan, Rabu (15/9). Kunjungan Usman ini menyusul peristiwa kebakaran yang menyebabkan meninggalnya salah satu warga negara Nigeria, Samuel Machado Nhavene, yang hingga saat ini belum berhasil diidentifikasi.

Sebelumnya, Samuel Machado Nhavene dikabarkan merupakan warga negara Afrika Selatan. Namun, Usman memastikan bahwa Samuel Machado Nhavene merupakan warga negara Nigeria.

Usman mengatakan, selain untuk menindaklanjuti perkembangan musibah kebakaran yang menimpa salah satu warga negaranya, kedatangannya juga dilakukan untuk menjaring aspirasi dari narapidana asal Nigeria yang mendekam di Lapas. Hal ini sebagai bentuk perhatian pemerintah Nigeria terhadap warga negaranya yang sedang menjalani proses hukum di Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, Usman melakukan pertemuan dengan sekitar 15 narapidana warga negara Nigeria yang umumnya merupakan narapidana kasus narkotika. Hal ini dapat terwujud tentunya berkat sinergi yang terbangun, khususnya antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dengan Kedutaan Besar Nigeria, untuk memfasilitasi WBP asing.

Pada pertemuan tersebut, Usman berpesan agar ketika selesai menjalani masa hukuman, para narapidana asal Nigeria dapat kembali menjalani hidup dengan baik dan tidak lagi melakukan tindakan yang melawan hukum. “Saya ingin kalian menjadi orang yang lebih baik. Setelah ini jangan ulangi kesalahan serupa, mari hidup dengan baik. Saya harap kalian semua sehat,” tuturnya saat berbincang dengan para narapidana.

CE, salah satu narapidana asal Nigeria mengucapkan terima kasih atas kunjungan Duta Besar Nigeria. Menurutnya, kunjungan ini membuat para narapidana merasa diperhatikan negaranya. “Kami mohon maaf karena membuat kesalahan sehingga harus berada di sini (penjara). Jujur saja kami merasa down karena sama sekali tidak ada keluarga yang mengunjungi. Terima kasih atas kedatangan kalian,” ucapnya.

CE juga memberikan apresiasi kepada pihak Lapas yang telah memfasilitasi pertemuan para narapidana asal Nigeria dengan perwakilan negaranya tersebut.

Terakhir, Usman menegaskan bahwa Kedutaan Besar Nigeria siap membantu narapidana maupun pihak Lapas yang memiliki kepentingan terkait informasi kewarganegaraan maupun pengurusan paspor. (afn/prv)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0