Lapas Medan Penen 5 Kg Maggot Sampah Organik

Lapas Medan Penen 5 Kg Maggot Sampah Organik

Medan, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan berhasil panen perdana budidaya maggot, Selasa (12/9). Inovasi pengelolaan sampah ini merupakan wujud pembinaan kemandirian dan kreativitas Warga Binaan Lapas Medan

Kepala Bidang Kegiatan Kerja, Eben H. Depari, menyampaikan pihaknya berhasil melakukan pemanfaatan limbah organik sisa dapur Lapas. “Selama kurang lebih dua pekan, budidaya maggot di Lapas Medan telah berhasil mengurai sebanyak 150 kg sampah organik dengan jumlah panen 5 kg maggot sampah organik yang semula bertumpuk dan menimbulkan bau yang kurang sedap. Dengan adanya budidaya maggot, kami juga meningkatkan kepdulian Warga Binaan terhadap lingkungan yang bersih,” jelasnya.

“Hasil panen perdana ini akan kami gunakan untuk pakan budidaya lele yang juga merupakan pembinaan kemandirian  di Lapas,” tambah Eben.

Upaya pengelolaan sampah organik di Lapas Medan, khususnya jajaran kegiatan kerja ini, tidak terlepas dari dukungan dan kerja sama dengan Bank Sampah Induk New Normal. Kepala Lapas Medan, Maju Amintas Siburian, pun sangat mendukung pelatihan pengelolaan sampah melalui budidaya maggot ini. Selain memberikan sumbangsih penanganan masalah sampah, juga menciptakan lingkungan Lapas Medan yang bersih,

“Panen perdana ini merupakan wujud keberhasilan dan solusi penangan limbah organik dan juga dapat menjadi bekal ilmu bagi Warga Binaan,” ujar Maju.

Ia juga berharap kegiatan ini dapat terus dikembangkan. Dengan demikian, dampak baiknya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. (IR)

 

Kontributor: Lapas Medan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0