LPN Pamekasan Cek Pendataan & Penyegaran Papan Sterek WBP

LPN Pamekasan Cek Pendataan & Penyegaran Papan Sterek WBP

Pamekasan, INFO_PASKepala Subseksi Pelaporan dan Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Imam Sujono, didampingi petugas blok melakukan pengecekan kelengkapan blok hunian, Rabu (22/9). Pengecekan ini sekaligus melakukan kontrol keamanan dan ketertiban (kamtib) tiap blok hunian Lapas Narkotika Pamekasan.

 

Kegiatan terfokus pada pendataan dan penyegaran papan sterek untuk mempermudah identifikasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalam blok hunian. Selain itu, dilakukan juga kontrol kamtib dan pembersihan lingkungan di kamar dan perawatan kelengkapan lainnya.

 

Imam mengatakan pengecekan dan update data tersebut dapat menjadi strategi untuk mengindentifikasi WBP sebagai bagian pencegahan terhadap gangguan kamtib. “Hal yang paling utama dalam pengecekan dan proses update WBP adalah mempermudah petugas saat melakukan perhitungan jumlah penghuni kamar atau blok saat apel pergantian regu jaga,” ungkapnya.

 

Selanjutnya, dilakukan pengecekan sterek di ruangan kamtib di mana antara sterek di blok hunian harus sinkron dengan di ruangan kamtib. “Kenapa harus ada daftar nama WBP di ruangan kamtib, yaitu untuk mempermudah apabila ada pemeriksaan WBP yang melanggar tata tertib Lapas, dalam hal ini BAP. Jadi, petugas pemeriksa langsung melihat daftar nama WBP di papan nama di ruangan kamtib. Dari blok mana, kamar berapa, berapa masa pidananya, dan ekspirasinya semua ada di daftar sterek itu,” tambah Imam.

 

Perubahan sterek, baik di dalam blok-blok dan kamar hunian serta di ruangan kerja kamtib, bisa karena mutasi antar blok, adanya pindahan WBP, dan adanya WBP yang sudah bebas. Dengan adanya sterek, WBP jadi mengetahui data terkait tanggal ekspirasi mereka. (IR)

 

 

Konributor: Lapas Narkotika Pamekasan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0