Sambangi LPN Jakarta, Ini Pantauan Kadivpas DKI Jakarta
Jakarta, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta kedatangan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI, Marselina Budiningsih, Rabu (14/4). Ia datang untuk melakukan monitoring dan evaluasi (monev) pelaksanaan pelayanan kesehatan, penyelenggaraan makanan, dan blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Jakarta.
Kunjungan diawali dengan meninjau Klinik Lapas Narkotika Jakarta dengan melihat ruang rawat inap WBP. Lalu, Kadivpas melihat mekanisme pendistribusian makanan untuk WBP mulai dari pemesanan dan penerimaan bahan makanan dimana waktu kedatangan bahan makanan harus sesuai jadwal yang ditentukan, jumlah, berat, dan kualitas bahan makanan, proses tiba datangnya pesanan, hingga bahan makanan diterima dengan baik oleh petugas dan panitia penerima bahan makanan bagian pengolah bahan makanan di ruang restorasi dapur.
Di area blok hunian, Marselina meminta WBP selalu tertib dan petugas blok harus melakukan setiap tugas sesuai SOP mengingat Lapas Narkotika Jakarta tahun 2021 kembali jadi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dicanangkan sebagai Lapas yang membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.
“Berdasarkan hasil monev mulai dari peninjauan area klinik, area blok hunian, proses mekanisme pemesanan, kedatangan dan penerimaan bahan makanan, kegiatan restorasi dari kebersihan alat-alat masak, ruangan, bahan makanan, cara kerja, kualitas, jumlah bahan makanan, serta pendistribusian makanan, sudah cukup baik. Ruang rawat inap juga layak dan memadai bagi WBP,” tutur Marselina.
Sementara itu, Jumadi selaku Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik menuturkan monev tersebut menjadi bukti keseriusan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang ingin menjadikan Lapas Narkotika Jakarta sebagaiUPT yang benar-benar mampu berusaha dan beri novasi sebaik mungkin dalam memberikan layanan kepada WBP. “Pastinya monev ini menjadi motivasi bagi kami agar terus bekerja melayani sepenuh hati dan memberikan yang terbaik dalam segala hal,” tegas Jumadi. (IR)
Kontributor: LPN Jakarta