Sertijab Kalapas Cipinang Dipenuhi Tangis Haru

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Suasana haru menyelimuti acara serah terima jabatan dan lepas sambut Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Cipinang, Selasa (10/7). Penampilan lagu persembahan dari petugas Lapas Cipinang dan Dharma Wanita Persatuan membuat suasana menjadi penuh isak tangis haru. Jabatan Kalapas Cipinang resmi diserahkan kepada R. Andika Dwi Prasetya dari sebelumnya dijabat oleh Slamet Prihantara yang saat ini menjadi Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenukmham) Bali.

Acara tersebut dihadiri oleh jajaran Pimpinan Tinggi Pratama Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, perwakilan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, dan mitra kerja sama Lapas Cipinang. Turut hadir anggota Forum Komunikasi Daerah dan anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas Cipinang.

“Kita harus selalu siap untuk menerima amanah dan tetap bersahaja dan yang terpenting adalah melayani,” ujar Toro, sapaan hangat Slamet Prihantara saat memberikan sambutan perpisahan.

Selama 344 hari saya menjabat Kalapas Cipinang dan berkat dukungan Dharma Wanita Persatuan, ia merasa belum bisa melakukan banyak hal. “Saya mengucapkan terima kasih. Semoga Anda semua diberikan pahala dan rezeki yang berlipat ganda oleh Allah SWT,” tambah Toro.

Dalam kesempatan tersebut, Kalapas Cipinang yang baru, R. Andika Dwi Prasetya, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan dan amanah yang diberikan. “Apa yang saya dapatkan saat ini adalah berkat doa, dukungan, dan dorongan dari semua pihak. Saya berharap mendapatkan bimbingan dari pimpinan pusat di Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” ujar Andika.

Andika juga menyampaikan bahwa ia akan meneruskan dan mengamankan apa yang telah dibangun oleh pimpinan selanjutnya, terutama terkait keamanan dan pembinaan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta yang diwakili oleh Kadiv Pemasyarakatan, Arpan, turut melepas dan memberikan cinderamata kepada Kalapas Cipinang terdahulu.

“Saya menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang telah berjalan dengan baik selama ini secara kedinasan maupun kepengurusan Dharma Wanita. Dharma Wanita bukanlah bagian terpisah. Sukses seorang suami karena doa istri. Saya mengucapkan selamat menjalankan tugas yang baru,” ungkap Arpan.

Usai pemberian cinderamata, Toro secara simbolis menyumbangkan sound system milik pribadi untuk digunakan dalam kegiatan pembinaan di dalam Lapas Cipinang. “Semoga sound system ini berguna terutama untuk kegiatan pembinaan narapidana,” tutup Toro.

Sertijab Kalapas Cipinang Dipenuhi Tangis Haru | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya