Anak LPKA Ambon Belajar Materi Pramuka Tali-Temali

Anak LPKA Ambon Belajar Materi Pramuka Tali-Temali

Ambon, INFO_PAS - Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Ambon kembali ikuti kegiatan kepramukaan bersama Kwartir Daerah (Kwarda) Maluku, Jumat (13/5). Materi yang diberikan berupa jenis simpul dan tali temali dalam kepramukaan.

Kepala LPKA Ambon, Catherian V. Picauly, mengatakan pembinaan kepramukaan menjadi sarana untuk melatih kemampuan dan kepribadian serta edukasi dan rekreasi bagi Anak. Mereka diajak untuk belajar disiplin dan teratur serta mengasah kepedulian terhadap sesama dan lingkungan.

Anak sejatinya sangat memerlukan pendidikan dan pembinaan yang dapat mengarahkan mereka untuk lebih disiplin serta peduli dengan lingkungan dan sesama. Selain itu, mereka perlu rekreasi sambil berkreasi sehingga kegiatan Pramuka di luar kelas dengan banyak permainan sangat tepat untuk membunuh rasa jenuh mereka terhadap rutinitas lainnya,” terang Catherian.

Pada kesempatan itu, Pembina Kwarda Maluku, Sony Sipasulta, mengatakan simpul kepramukaan terbagi menjadi tujuh jenis, yaitu, simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul anyam berganda, simpul pangkal, simpul jangkar, dan simpul tambang yang memiliki manfaat besar dalam kehidupan sehari-hari. “Tali-temali memiliki banyak manfaat, salah satunya pada bidang kesehatan P3K dalam penanganan darurat pembuatan tandu menggunakan tongkat pramuka dan tali untuk mengangkat korban cedera. Untuk upacara kenegaraan di hutan, kita juga bisa menggali tanah dan menyambungkan tongkat untuk dijadikan tiang bendera,” jelasnya. (IR)

 

Kontributor: LPKA Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0