Apel Siaga dan Razia Serentak, Antisipasi Gangguan Kamtib Menjelang Natal di Rutan Batang

Apel Siaga dan Razia Serentak, Antisipasi Gangguan Kamtib Menjelang Natal di Rutan Batang

Batang, INFO_PAS - Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan tahun baru, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Batang menggelar apel siaga dan razia secara serentak di kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Senin (23/12). Razia yang dilaksanakan pada malam hari tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Rutan (Karutan) Batang, Yusup Gunawan, diikuti oleh seluruh petugas Rutan Batang.

“Ekskalasi gangguan kamtib menjelang tahun baru biasanya meningkat, untuk itu kami melakukan upaya preventif dengan merazia barang-barang terlarang yang ada didalam blok hunian WBP,” jelas Yusup. Setelah mendapat pengarahan dari Karutan, petugas mulai menyisir enam blok kamar hunian. Selain blok kamar hunian, petugas juga memeriksa bangunan lain seperti masjid, gereja, dapur, poliklinik, bimbingan kerja dan wartelsus.

Kepala Satuan Pengamanan Rutan Batang (Ka. KPR), Dhoni Arib Setiawan menjelaskan dari hasil razia tidak ditemukan narkoba dan obat-obatan terlarang. “Hasil razia malam ini tidak ditemukan narkoba dan obat-obatan terlarang, kami hanya menemukan barang-barang seperti pisau bekas, botol kaca, gunting, sendok, dan lain-lain. Barang-barang sudah kami amankan dan akan kami laporkan ke atasan,” jelasnya.

Yusup menuturkan pelaksanaan razia tersebut menindaklanjuti Surat Edaran Dirjenpas No: PAS-PK.02.10.01-1442 tanggal 12 Desember 2019 tentang Pencegahan dan Penindakan Terhadap Peredaran Gelap Narkoba di Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. “Kami telah melaksanakan razia rutin setiap hari dengan sasaran kamar WBP secara acak. Dengan adanya Surat Edaran DirjenPAS kami lebih instensif dalam melaksanakan razia serentak untuk mengantisipasi gangguan yang ada,” pungkasnya.

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0