Bupati Tegal Lantik Pejabat Barunya di Lapas Slawi

Share:

Slawi, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Slawi menjadi tuan rumah pelantikan pejabat eselon II jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal, Jumat (17/4). Bupati Slawi, Enthus Susmono yang notabene “alumnus” Lapas Slawi dalam kasus pencemaran nama baik langsung memimpin pelatikan pejabat tersebut disaksikan jajarannya serta para petugas lapas.

“Lapas sebagai lembaga pembinaan, posisinya memegang peranan yang strategis dalam merealisasikan tujuan akhir dari Sistem Peradilan Pidana, yaitu rehabilitasi dan resosialisasi pelanggar hukum, bahkan sampai pada penanggulangan kejahatan (supresion of crime). Hari ini lapas sebagai lokasi pelantikan agar memberikan awareness bagi para pejabat untuk tidak menyalahgunakan kewenangannya sehingga membawanya masuk ke dalam lapas,” imbau Enthus.

Empat pejabat yang hari itu dilantik adalah Edi Budiyanto sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tegal, Bambang Kusnandar Aribawa sebagai Inspektur Kabupaten Tegal, Nurhayati sebagai Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah Kabupaten Tegal, serta M. Berlian Adjie sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Pasar Kabupaten Tegal.

Kepada para pegawai di jajarannya, Enthus membagi pengalaman selama “mengenyam” pembinaan di dalam lapas bahwasanya kehidupan di Lapas Slawi itu berat, aturan ketat, dan tidak bisa menikmati kebebasan seperti ketika di luar. “Jangan pernah sekali-sekali untuk melewati pintu ini (menunjuk pintu masuk utama lapas) yang disebabkan oleh kesalahan yang Bapak/Ibu lakukan. Ke depan saya berharap ada one institution, one innovation, harus ada inovasi dari setiap institusi di Kabupaten Tegal,” tegas Enthus.

Acara hari itu diakhir dengan perjamuan yang dilakukan pihak lapas terhadap para tamu undangan. Selain membahas tentang serba-serbi penghuni lapas, Yan Rusmanto selaku Kepala Lapas (Kalapas) juga melaporkan progres kegiatan pembinaan kerohanian yang berorientasi pondok pesantren di Lapas Slawi yang beberapa waktu lalu telah mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari Pemkab Tegal melalui Wakil Bupati Tegal.

“Kerjasama dan sinergi yang baik semoga terus berkesinambungan sehingga pembinaan terhadap warga Kabupaten Tegal yang ada di lapas menjadi semakin baik,” harap Kalapas. (IR)

 

 

Kontributor: Eko Nugroho

Bupati Tegal Lantik Pejabat Barunya di Lapas Slawi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya