Gemakan Persatuan, Menkumham: Indonesia Milik Kita Semua

Share:

Depok, INFO_PAS – Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, memberikan kuliah umum bertema “Wawasan Kebangsaan” bagi lebih kurang 40 ribu pegawai Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di seluruh Indonesia, termasuk taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi, Senin (1/4). Dipusatkan di auditorium Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, kuliah umum ini juga disaksikan seluruh pegawai Kemenkumham, baik tingkat pusat, kantor wilayah, maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) melalui teleconference lewat aplikasi zoom.

Dalam kuliah umum tersebut, Yasonna menitikberatkan pada persatuan dan keanekaragaman yang berada di Indonesia. “Indonesia itu dari Sabang sampai Merauke. Ada Batak, Batak pun bermacam-macam. Batak Karo, Batak Toba, Batak Simalungun, sampai ke bawah ada Melayu, ada Sumatera Barat, Melayu Jambi, bermacam-macam sampai ke Selatan. Ada Jawa, ada Sunda, ada Madura, ada Jawa Tengah, sampai ke Papua. Papua sendiri antar desa dengan desa lain tidak memiliki konektivitas bahasa karena sudah berbeda. Apa yang mempersatukannya? Indonesia,” tuturnya.

Melalui paparan ini, Yasonna berharap dengan adanya keanekaragaman karena dengan adanya perbedaan, bangsa Indonesia tetap bersatu. Ia menegaskan yang ditakutkan sekarang adalah banyaknya pandangan-pandangan radikal yang ingin mengubah ideologi bangsa Indonesia. Indonesia bukan milik sesuatu golongan, bukan milik sesuatu agama, bukan milik sesuatu suku, tetapi Indonesia adalah milik kita semua dari Sabang sampai Merauke.

“Milik anda, milik saya, milik warga Indonesia karena sekat-sekat primordialisme itu telah dikubur pada tahun 1928 dan telah dikonstitusionalkan pada 18 Agustus 1945 saat konstitusi ditetapkan,” tutur Yasonna.

Menurutnya, Sumpah Pemuda merupakan awal persatuan bangsa Indonesia. “Lahirnya sebuah bangsa karena adanya kehendak untuk bersatu,” tutur Yasonna saat mengutip F. Ratzel.

Selain menuturkan tentang persatuan dan keanekaragaman pada bangsa Indonesia, Yasonna pun mengajak setiap petugas Pemasyarakatan untuk tidak menyebarkan kebohongan dan kebencian, tetapi mulai menyebarkan cinta kasih pada sesama. Diharapkan dengan mulai menyebarkan semangat kasih akan mulai menumbuhkan pemikiran-pemikiran positif yang dapat mengarahkan bangsa Indonesia ini menjadi bangsa yang lebih baik kedepannya.

UPT Pemasyarakatan seluruh Indonesia turut mengikuti kuliah umum melalui teleconference. Berikut kami tampilkan pelaksanaan kuliah umum tersebut yang terekam INFO_PAS:

Rutan Bantaeng

 

Rutan Bantaeng

 

Bapas Jakarta Timur-Utara

 

Bapas Jakarta Timur-Utara

 

Lapas Semarang

 

Lapas Semarang

 

Lapas Batu

 

Lapas Batu

 

LPN Jakarta

 

LPN Jakarta

Gemakan Persatuan, Menkumham: Indonesia Milik Kita Semua | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya