Inilah Lima Lapas Terpadat di Indonesia

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Kepala Subdit Komunikasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI (Kemenkumham), Akbar Hadi Prabowo, menuturkan setidaknya ada lima Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan terpadat di Indonesia. “Lima UPT terpadat ini berdasarkan data yang ada dalam Sistem Database Pemasyarakatan per 17 April 2015,” ungkap Akbar kepada INFO_PAS di Jakarta, Jumat (17/4).

Lapas paling padat kelima adalah Lapas Jambi dengan isi 1.091, sementara kapasitas hanya 218. “Over kapasitas mencapai 500%,” ucapnya.

Urutan keempat terpadat adalah Lapas Tanjung Balai Asahan dengan over kapasitas mencapai 524%. “Lapas di Sumatera Utara ini kapasitasnya hanya 198 tapi saat ini isinya sudah mencapai 1.037,” papar pria yang pernah menjabat Kepala Rutan Rangkasbitung ini.

Posisi terpadat ketiga adalah Lapas Bengkalis. Lapas yang berada di wilayah Riau ini dihuni oleh 975 WBP, padahal kapasitasnya hanya 174 penghuni. “Kelebihan penghuninya mencapai angka 560 persen,” ucapnya.

“Lapas Banjarmasin mencatat rekor sebagai yang terpadat kedua di Indonesia. Lapas dengan kapasitas hunian 366 ini, kini isinya mencapai 2.422 orang. Over mencapai 662%,” jelas Akbar.

Cabang Rutan Bagansiapiapi merupakan UPT yang paling padat di Indonesia. “Rutan ini kapasitasnya hanya 98 orang namun kini harus diisi 696 penghuni,” demikian tutur Akbar. ”Sudah sangat over namun kami tidak bisa menolak seandainya penegak hukum disertai surat sah menitipkan tahanannya,” jelasnya. Dengan kapasitas hanya 98 orang,  rutan ini sudah over kapasitas mencapai 710%,” demikian pungkas Akbar.

 

Infokom Ditjen PAS

Inilah Lima Lapas Terpadat di Indonesia | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya