Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

Kepala LPKA Kutoarjo Tegaskan Hak & Kewajiban Anak Selama Pembinaan

Share:

Kutoarjo, INFO_PAS – Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo menggelar sosialisasi tentang hak-hak dan kewajiban Anak selama masa pembinaan Anak, Kamis (14/2). Sosialisasi sekaligus pengarahan disampaikan langsung oleh Kepala LPKA Kutoarjo, Azwar, serta para pejabat struktural lainnya.

Azwar menjelaskan hak-hak sebagai Anak pasti akan diperoleh asalkan kewajiban juga dilaksanakan karena terikat dengan adanya aturan. “Ikuti motto di sini, yakni, Anda Nyaman, Anda Tertib, Anda Tenang. Maka, akan cepat pulang dengan diperolehnya hak-hak tersebut,” pesannya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan dan Penegakkan Disiplin LPKA Kutoarjo, Sugiyanto, menjelaskan program pembinaan kepribadian dan kemandirian merupakan rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh Anak selama mengikuti masa pembinaan.

“Apabila kalian rajin dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada, tidak pernah melanggar aturan tata tertib, maka hak-hak seperti Remisi, Cuti Bersyarat, Pembebasan Bersyarat, dan layanan kunjungan keluarga akan diperoleh dengan baik secara otomatis,” ungkapnya

Hal senada diungkapkan oleh Kasi Registrasi LPKA Kutoarjo, Taufik. “Apabila selama masa pembinaan memberikan indikasi sikap dan perilaku yang baik dan tidak pernah melanggar tata tertib, maka hak remisi pasti akan didapatkan tanpa dipungut biaya apapun,” janji Taufik.

Sementara itu, Kasi Perawatan LPKA Kutoarjo, Hananta Basuki, menyoroti hak-hak Anak dalam hal kesehatan dan makanan. “Silakan, kalian bisa kontrol kesehatan gratis setiap hari pada jam dinas di poliklinik yang ada. Dengan selalu kontrol kesehatan, mandi, dan senam/olahraga teratur, maka akan terhindar dari penyakit,” ajaknya.

Di sisi lain, Kepala Sub Seksi Bimbingan dan Pengentasan Anak LPKA Kutoarjo, Yudha Indrajati, meminta para Anak agar mengurus sendiri hak-hak cuti bersyarat/pembebasan bersyarat tanpa melalui oknum-oknum petugas karena semua pengurusan dari proses sampai turunnya surat keputusan tidak dipungut  biaya apapun karena telah ditanggung oleh negara.

“Apabila ada oknum petugas yang menawarkan pengurusan dengan adanya biaya, segera laporkan Kepala LPKA. Data pelapor akan dijamin keamanan dan kerahasiaannya,” janji Yudha.

 

 

 

Kontributor: Dedy Winarto

Kepala LPKA Kutoarjo Tegaskan Hak & Kewajiban Anak Selama Pembinaan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya