Lapas Sanana Panen Padi, Bupati Kab. Kepulauan Sula Apresiasi

Lapas Sanana Panen Padi, Bupati Kab. Kepulauan Sula Apresiasi

Sanana, INFO_PAS – Setelah ditetapkannya menjadi salah satu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Produksi di wilayah Maluku Utara berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemasyakatan, Lapas Kelas IIB Sanana segera berbenah dan berinovasi. Lahan lapas yang selama ini tidak terpakai dengan luas 2.793 m2 dimanfaatkan untuk ditanami padi jenis inpare 33.

Hasilnya, pada Rabu (23/10) Lapas Sanana berhasil panen perdana padi. Sebelumnya, Lapas Sanana mengandeng Dinas Pertanian Kabupaten Kepulauan Sula dari proses awal penanaman, perawatan, dan waktu panen.

Kegiatan panen dihadiri langsung Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Hendrata Thes, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Kepulauan Sula. Bupati Kab.Kep Sula mengapresiasi kegiatan panen padi yang dilaksanakan Lapas. “Saya apresiasi jajaran Lapas Sanana. Jangan berhenti sampai di sini. Terus kembangkan inovasi demi kemajuan Kabupaten Sula,” pinta Hendrata.

Proses penanaman dan perawatan padi dikerjakan 12 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi syarat untuk berasimilasi di luar lapas dengan pengawasan empat petugas lapas. Di hadapan Bupati Kabupaten Kepulauan Sula dan Forkompinda,  Kepala Lapas Sanana, Noveri Budisantoso, mengajak semua pihak untuk bersama sama  membantu, membina, membimbing para WBP.

“Mereka adalah warga masyarakat Kabupaten Kepulauan Sula yang karena kehilafannya sehingga untuk sementara masuk di tempat ini, namun mereka butuh uluran tangan kita bersama untuk memulihkan diri mereka untuk hidup lebih baik dan mandiri kelak apabila bebas dari tempat ini,” ujar Noveri.

Kegiatan panen padi ini telah membuktikan bahwa Lapas Sanana bisa berproduksi dan menepis stigma selama ini yang terbangun di masyarakat bahwa lapas adalah tempat bagi para pelanggar pidana yang terkesan seram dan menakutkan. Selain itu, masih ada kegiatan lain yang menjadi andalan Lapas Sanana, yaitu kerajinan tangan berupa miniatur kapal, gantungan kunci, dan kerajinan berbahan kayu lainnya.

 

 

Kontributor: Lapas Sanana

 

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0