Rutan Garut Aplikasikan Layanan Kunjungan Berbasis IT

Garut, INFO_PAS – Layanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Garut kini sudah berbasis IT. Pengunjung tinggal melakukan fingerprint, maka identitias mereka akan ter-print out di lembar kunjungan berikut foto dan identitas WBP yang akan dikunjungi. Untuk itu, dalam kunjungan pertama, keluarga maupun kerabat WBP akan diinput datanya di komputer oleh petugas layanan kunjungan seperti foto, nama, Nomor Induk Kependudukan, alamat pengunjung, jenis kelamin, dan hubungan dengan WBP (keluarga atau teman). “Semua data dihubungkan dengan fingerprint agar layanan kunjungan menjadi efektif dan efisien,” tutur Kepala Rutan (Karutan) Garut, Sopian. Layanan kunjungan ini diakui Karutan agar masyarakat dapat dilayani dengan lebih cepat dan mudah. “Antrean kunjungan juga dilakukan dengan sistem komputerisasi sehingga tidak mungkin ada pungli pada layanan kunjungan,” tambah Sopian. Hal senada disam

Rutan Garut Aplikasikan Layanan Kunjungan Berbasis IT
Garut, INFO_PAS – Layanan kunjungan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Garut kini sudah berbasis IT. Pengunjung tinggal melakukan fingerprint, maka identitias mereka akan ter-print out di lembar kunjungan berikut foto dan identitas WBP yang akan dikunjungi. Untuk itu, dalam kunjungan pertama, keluarga maupun kerabat WBP akan diinput datanya di komputer oleh petugas layanan kunjungan seperti foto, nama, Nomor Induk Kependudukan, alamat pengunjung, jenis kelamin, dan hubungan dengan WBP (keluarga atau teman). “Semua data dihubungkan dengan fingerprint agar layanan kunjungan menjadi efektif dan efisien,” tutur Kepala Rutan (Karutan) Garut, Sopian. Layanan kunjungan ini diakui Karutan agar masyarakat dapat dilayani dengan lebih cepat dan mudah. “Antrean kunjungan juga dilakukan dengan sistem komputerisasi sehingga tidak mungkin ada pungli pada layanan kunjungan,” tambah Sopian. Hal senada disampaikan Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Hardi Yus Yudianto. “Kami berusaha menyelenggarakan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan, mengedepankan profesionalisme dengan memaksimalkan layanan berbasis IT, dan menggunakan aplikasi Sistem Database Pemasyarakatan),” tutup Hardi. (IR)     Kontributor: Iwan & Averoes

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0