VCT di Rutan Balikpapan Penuhi Hak Kesehatan WBP

Share:

Balikpapan, INFO_PAS – Sebanyak 207 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Balikpapan mendapatkan pelayanan kesehatan berupa Volutary Counseling and Testing (VCT), Rabu (13/12). Ini merupakan salah satu amanat yang terkadung dalam pasal 14 Undang-Undang No. 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan bahwa kesehatan merupakan salah satu hak dasar warga negara, tanpa terkecuali WBP.

Bekerja sama dengan unit layanan Mobile VCT Puskesmas Prapatan dan Puskesmas Baru Ulu, kegiatan ini berlangsung di Aula Serbaguna Rutan Balikpapan.

“Terima kasih kepada Puskesmas Prapatan dan Puskesmas Baru Ulu yang telah bekerja sama dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi WBP. Semoga kegiatan terus berlanjut secara berkesinambungan,” harap Kepala Rutan Balikpapan, Febie Dwi Hartanto.

Pelaksanaan VCT diawali dengan penyuluhan kader kesehatan, yakni WBP yang sudah ditunjuk dan diberikan pelatihan, kepada sesama WBP rutan mengenai seluk beluk VCT, HIV/AIDS, dan IMS.

Selanjutnya, dilaksanakan pra konseling pra test bagi WBP yang akan diambil sampel. Tujuannya tak lain untuk memberikan informasi kepada petugas dalam kesiapan mengikuti VCT.

Para WBP menunggu panggilan antrian untuk diambil sampel darah secara bergantian oleh petugas kesehatan. Adapun konseling pasca tes nantinya akan diberikan kepada WBP  yang hasilnya positif.

 

 

Kontributor: Galih Wicaksono

VCT di Rutan Balikpapan Penuhi Hak Kesehatan WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya