Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

200 Ribu Petugas & WBP Pecahkan Rekor MURI Tari Kolosal Indonesia Bekerja

Share:

Tangerang, INFO_PAS – “Kita harus mengisi kemerdekaan demi menjadikan Indonesia jaya, maju, serta menjadi sumber daya manusia unggul sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo.”

Demikian disampaikan Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami, sebelum pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) Tari Kolosal Indonesia Bekerja secara serentak, Kamis (15/8). Dipusatkan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, pemecahan rekor ini diikuti total 200 ribu petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seluruh Indonesia.

“Koreografer Tari Kolosal adalah WBP. Mereka tidak akan bisa menciptakan tarian bila tidak dibina petugas yang berkapasitas serta bila tidak didukung masyarakat,” tutur Utami.

Sebagaimana pesan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, Utami mengajak semua pihak untuk meninggalkan legacy. “Mari tunjukkan kolaborasi untuk mengisi Indonesia bekerja, Indonesia jaya,” ajaknya.

pemecahan rekor MURI Tari Kolosal Indonesia Bekerja

Sebelumnya, Dodot Adikoeswanto selaku Ketua Panitia yang juga Direktur Teknologi Informasi dan Kerja Sama menuturkan kegiatan ini diikuti tiga unsur, yakni petugas Pemasyarakatan, WBP, dan masyarakat.

“Ini adalah bentuk ekspresi WBP bahwa mereka selama menjalani pidana dapat pembinaan dibawah bimbingan petugas dan dukungan masyarakat untuk siap berintegrasi kembali menjadi manusia bertanggung jawab,” ucapnya.

Selain memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, kegiatan yang di-relay ke Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan seluruh Indonesia lewat aplikasi zoom ini juga memiliki tiga tujuan.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme, mempublikasikan hasil pembinaan kepribadian dan kemandirian WBP, serta mendukung program kerja Presiden Joko Widodo, yakni Indonesia Bekerja,” tambah Dodot.

Tak hanya seluruh jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten, turut hadir Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, perwakilan Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata, Perpustakaan Nasional, ICITAP, dan mitra kerja Pemasyarakatan lainnya. Usai pemecahan rekor MURI, seluruh peserta dan tamu undangan dihibur penampilan Wali Band.

200 Ribu Petugas & WBP Pecahkan Rekor MURI Tari Kolosal Indonesia Bekerja | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya