5 WBP Lapas Sarolangun Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi

Share:

Sarolangun, INFO_PAS – Sebanyak 112 peserta dari pelbagai latar belakang pendidikan dan daerah se-Kabupaten Sarolangun berkumpul di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sarolangun, Rabu (10/4). Dari jumlah tersebut, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sarolangun mengikutsertakan 32 perwakilan, termasuk lima Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk mengikuti pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK).

Kegiatan elatihan terhadap 112 peserta tersebut terbagi atas lima bentuk item pelatihan, yakni menjahit, menata rambut, instalasi listrik, Office Advance, dan mekanik sepeda motor, hingga akhir Desember 2019 di BLK. Dari 5 pelatihan tersebut Lapas Sarolangun mengikuti pelatihan mekanik junior sepeda motor dan pemasangan listrik bangunan sederhana.

 Sekretaris Daerah Sarolangun, Thabroni Rozali, mengapresiasi keikutsertaan lima delegasi dari WBP Lapas Sarolangun. “Sekalipun saudara sedang menjalani masa hukuman, tidak serta merta terisolasi dari jangkauan program pembinaan, terutama keahlian. Maka, beruntunglah saudara dari dapat kesempatan untuk menimba keahlian di mana tidak semua orang dapat kesempatan yang sama atas pelatihan ini,” tuturnya.

penandatanganan MoU

Ia berarap melalui Pelatihan Berbasis Kompetensi in mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkompeten, punya daya saing, serta mampu menjadi pelopor dan pendorong kebangkitan ekonomi masyarakat melalui keahlian yang diperoleh melalui pelatihan nantinya.

Kepala Lapas Sarolangun, Irwan, mengutarakan pelatihan ini layaknya pembiana WBP di lapas melalui pembinaan kemandirian yang diselenggarakan secara mandiri. “Anggaran kami terbatas, maka perlu menggandeng unsur perangkat daerah dengan cara melakukan MoU dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sarolangun melalui BLK,” tambahnya.

Selain pembukaan PBK, dilakukan pula penandatanganan MoU antara Disnakertrans Kabupaten Sarolangun dan Lapas Sarolangun.

 

 

 

 

 

 

 

Kontributor: Lapas Sarolangun

 

5 WBP Lapas Sarolangun Ikuti Pelatihan Berbasis Kompetensi | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya