Kadiv PAS Sultra Pantau Transparansi Pemberian Remisi di Rutan Kolaka

Share:

Kolaka, INFO_PAS – Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara, H. Muslim, meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka dalam mencapai target B06 Tahun 2019, Kamis (9/5). Ia datang beserta Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Rehabilitasi, Lola Basan Baran, dan Keamanan, Tangkudung, serta jajaran.

Muslim langsung menuju ke ruang registrasi untuk mengecek kesiapan pemberian remisi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) secara transparan serta mengecek keterampilan yang telah dihasilkan oleh WBP dalam pelbagai kreativitasnya untuk dikembangkan. “Tingkatkan kondisi keamanan di Rutan Kolaka selama Bulan Ramadan,” pesan Muslim.

Kesempatan itu juga dimanfaatkannya untuk bersilaturahmi dan berbuka puasa bersama keluarga besar Rutan Kolaka, baik petugas maupun WBP. Bahkan, Muslim yang juga Ketua Nahdatul Ulama Sulawesi Utara berkesempatan mengisi tausyiah seraya menunggu saat berbuka puasa.

kunjungan Kadiv PAS Sultra ke Rutan Kolaka

“Perbanyak bersabar, ikhlas menjalani, dan menahan hawa nafsu karena berpuasa adalah pengendalian hawa nafsu. Manusia yang terbaik adalah dia yang pernah berbuat salah, tetapi mau bertaubat. Allah bersama orang-orang yang sabar,” ucapnya.

Muslim menambahkan bahwa setiap manusia pasti punya salah. “Yang berada di rutan pasti karena adanya masalah, tapi jangan berkecil hati. Semoga saat keluar dari sini bisa menjadi lebih baik lagi dan dapat diterima di masyarakat,” harapnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tenggara, Sofyan, yang turut hadir pada acara buka puasa bersama mengaku bangga karena Rutan Kolaka selalu dalam keadaan kondusif. “Ini tentu tidak lepas dari kerja sama antara petugas dan WBP. Ini harus terus dipertahankan. Arogansi petugas harus dihilangkan,” tegas Sofyan.

Sementara itu, Kepala Rutan Kolaka, Abas Ruchandar, berharap WBP dapat memanfaatkan Bulan Ramadan dengan sebaik baiknya. “Saya harap bulan suci ini dapat kita manfaatkan sebaik-baiknya, terutama dalam beribadah. Jadikan bulan suci ini sebagai bulan pertaubatan kita, ” ajaknya.

 

 

Kontrobutor: Samsiah

Kadiv PAS Sultra Pantau Transparansi Pemberian Remisi di Rutan Kolaka | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya