Karutan Manado Hadiri Rapat Pembangunan Zona Integritas Apgakum Kota Manado

Share:

Manado, INFO_PAS – Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIA Manado, Budiman P. Kusumah, mengikuti rapat terkait Pembangunan Zona Integritas Aparat Penegak Hukum (Apgakum) Kota Manado, Kamis (18/4) di Meeting Room Balai Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Manado. Rapat tersebut juga dihadiri Wakil Walikota Manado, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Manado, sekertaris daerah, serta beberapa satuan kerja perangkat daerah terkait dan Tim Teknologi Informasi Pemerintah Daerah Kota Manado.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil WaliKota Manado, Mor Dominius Bastiaan, dan membahas Pembangunan Zona Integritas Apgakum Kota Manado sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2014 tentang Pedoman Evaluasi Pelaksanaan Reformasi Birokrasi. Dalam rapat tersebut juga ditentukan 12 kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang didorong menjadi Zona Integritas Apgakum, salah satunya Kota Manado.

rapat Pembangunan Zona Integritas Apgakum Kota Manado

Peserta rapat menyepakati akan membuat aplikasi yang terintegrasi di antara Apgakum Kota Manado, yaitu Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Rutan Manado, dan Satuan Polisi Pamong PrajaKota Manado sehingga kedepannya terkait masalah perpanjangan penahanan, penetapan pengadilan, dan putusan pengadilan bisa langsung diakses yang terintegrasi di antara Apgakum Kota Manado.

“Semoga dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah komunikasi dan koordinasi antara Apgakum terkait masalah-masalah klasik yang selama ini belum terselesaikan, seperti keterlambatan penahanan dan keterlambatan yang tentunya berdampak pada proses peradilan yang cepat, tepat dan efektif sehingga mampu mengatasi over stay yang selama ini terjadi di Rutan Manado,” harap Karutan.

Budiman juga menyampaikan pencanangan deklarasi Zona Integritas dan Memorandum of Understanding akan dilaksanakan pada pekan pertama Bulan Mei 2119.

 

 

 

Kontributor: Rutan Manado

 

Karutan Manado Hadiri Rapat Pembangunan Zona Integritas Apgakum Kota Manado | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya