Lapas Tondano Pelajari Layanan Self Service di Rutan Manado

Share:

 Manado, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Manado menerima studi tiru layanan self service jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tondano, Selasa (12/3) siang. Pada kesempatan ini, Teguh Imanto selaku Kepala Lapas (Kalapas) Tondano bersama tiga stafnya berkunjung ke Rutan Manado dan diterima oleh Kepala Rutan Manado, Budiman P. Kusumah, bersama pejabat struktural Rutan Manado.

“Layanan self service ini cukup mudah diakses, yakni dengan mengoptimalkan konten-konten yang ada di Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). Salah satunya melalui biometrik portir terkait dengan lalu lintas penghuni yang telah terintegrasi dengan SDP. Layanan ini juga sebagai bentuk transparansi untuk mewujudlkan Wilayah Bebas Korupsi di Rutan Manado,” tutur Budiman.

Hal senada disampaikan Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Manado, Wahyono. “Layanan self service ini untuk menjaga legalitas pengeluaran Warga Binaan Pemasyarakatan, baik tahanan yang mengikuti sidang, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, maupun yang akan bebas,” tambah Wahyono.

studi tiru Lapas Tondano ke Rutan Manado

Pada kesempatan itu, Kalapas Tondano bersama stafnya melihat alur pelayanan kunjungan yang di Rutan Manado mulai dari loket pendaftaran, verifikasi data pengunjung di P2U, pemeriksaan fisik dan barang, serta tempat ruang kunjungan.

“Kami akan mengambil hal-hal yang baik di Rutan Manado untuk dicontohkan di Lapas Tondano sekaligus tukar pendapat bersama seluruh pejabat struktural di Rutan Manado. Intinya, cepat atau lambat seluruh Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara harus melakukan perubahan ke arah yang lebih baik lagi,” pungkas Teguh.

 

 

 

Kontributor: Rutan Manado

Lapas Tondano Pelajari Layanan Self Service di Rutan Manado | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya