Prison Goes to School Sambangi SMAN 1 Rangkasbitung

Share:

Rangkasbitung, INFO_PAS – Setelah sukses menggelar launching Prison’s Day Out pada Car Free Day, Minggu (3/9) lalu, kali ini Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rangkasbitung menyambangi SMA Negeri 1 Rangkasbitung untuk terus menggelorakan Pemasyarakatan positif melalui kegiatan Prison Goes to School, Jumat (8/9).

(baca: Prison’s Day Out Baurkan WBP dengan Masyarakat).

Kepala Rutan Rangkasbitung, Sigit Budiyanto, menjelaskan melalui kegiatan tersebut para pelajar diberikan pengetahuan seputar Pemasyarakatan seperti kondisi rutan dan kehidupan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di dalamnya. Apalagi selama ini masyarakat masih melihat rutan sebagai tempat yang menyeramkan dan tertutup.

“Kegiatan ini kami harap bisa menghilangkan stigma itu, terutama di kalangan pelajar dan masyarakat, juga terbangun sikap empati untuk bersama-sama mendukung kegiatan pembinaan di rutan. Misalnya saja dengan menerima kembali dan mengayomi WBP yang telah bebas,” harap Sigit usai memberikan pemaparan kepada ratusan siswa SMA Negeri 1 Rangkasbitung

Sigit menambahkan bahwa kegiatan Prison Goes to School nantinya juga akan menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lebak. “Semoga bisa memberikan manfaat, baik bagi pihak sekolah maupun secara umum bagi Pemasyarakatan menjadi lebih positif,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Rangkasbitung, Iva Havidania, mengatakan kehadiran Rutan Rangkasbitung tentunya menambah kemitraan antara kedua belah pihak. Sebelumnya, sekolah tersebut juga kerap didatangi unsur kepolisian, kejaksaan, dan lain lain untuk melakukan sosialisasi.

“Ini menjadi pengalaman dan pengetahuan baru, mendidik karaktek anak didik, sekaligus pemahaman bahwa rutan memiliki ragam kegiatan positif yang menjadi bekal WBP setelah bebas nanti,” ujar Iva kepada INFO_PAS.

 

 

Kontributor: Pratamadzyogas

Prison Goes to School Sambangi SMAN 1 Rangkasbitung | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya