Sore Yang Sejuk di Lapas Perempuan Palembang

Share:

Palembang, INFO_PAS – Pelaksanaan bulan suci ramadhan  di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Palembang terasa lebih hikmah dan sejuk bagi sebagian besar Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang diisi oleh kaum perempuan ini,  atas diselenggarakan nya kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh Direktorat Penerangan Agama Islam Kementerian Agama RI sebagai tindaklanjut hasil dari MoU antara Kementerian Hukum dan HAM RI dengan Kementerian Agama RI pada selasa sore (14/5).

Kegiatan yang dimulai dengan melaksanakan shalat ashar berjamaah ini dan dilanjutkan penampilan pentas seni budaya islam  WBP berupa sholawatan, Rabana, musik islami dan hafalan surat pendek Al Quran memberi kekaguman kepada para tamu dan undangan yang ada. seperti Direktur Penerangan Agama Islam (Dirpenais) Kemenag, Kepala Kanwil kemenag Kota Palembang  dan pihak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang ikut hadir dalam mendatangi kegiatan ini yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembinaan mental dan Disiplin dan Kepala Seksi Jasmani dan Kesenian.

Kepala LPP IIA Palembang Tri Anna Aryati dalam sambutannya menyampaikan permohanan maaf ketidakhadiran kepala Kanwil Kumham Sumsel  sehubungan dengan adanya acara dengan gubernur. “Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran dan kegiatan yang dilaksanakan di LPP yang  saat ini dihuni sebanyak 537 orang yang sebagian besar kasus narkoba,” ucapnya.

Di lain pihak Dirpenais, Juraidi sangat mengapresiasi atas program pembinaan keagamaan yang dilaksanakan oleh pihak LPP. Juraidi menambahkan  bahwa kegiatan ini dilakukan juga sebagai bahan evaluasi sejauh mana Penyuluh Agama Islam melakukan bimbingan keagamaan di Lapas dan Rutan.

“Direktorat Penerangan Agama Islam melakukan kegiatan bimbingan keagamaan di 3 Lapas berbeda yaitu Lapas Perempuan Pekanbaru (9/5), Palembang (14/5) dan Martapura dengan metode Hafal Qur’an, Tilawah Qur’an, Sambung ayat Qur’an, seni budaya Islam Qasidah, puisi keagamaan, lantunan syair Agama,” jelas Juraidi.

Bukti bahwa pembinaan agama islam berjalan dengan baik ketika Juraidi melafalkan sebagian ayat suci Alquran dapat dilanjutkan ternyata hampir sebagian WBP tafiz Quran dapat melanjutkan ayat tersebut. Disamping itu pihak Kemenag Pusat menyerahkan sumbangan 200 buah mukena dan alat mandi bagi WBP LPP IIA Palembang.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kepala LPP IIA Palembang Tri Anna Aryati dengan Kepala Kanwil Kemenag Kota Palembang Deni dalam dukungan kegiatan pembinaan keagamaan.

Acara dilanjutkan dengan Tausiah yang disampaikan oleh ustad Rosid yang juga  Kepala KUA Kota Palembang menekankan keutamaan puasa di bulan suci ramadhan  dan rukun  rukun dalam pelaksanaan puasa serta manfaatnya. Selain itu Ustad Rosid mengingatkan kepada WBP untuk menjauhi perbuatan perbuatan yang dapat menimbulkan dosa besar seperti tindakan lesbian. Selanjutnya acara ditutup dengan buka puasa  bersama dan shalat magrib berjamaah.

 

Kontributor : Djumadi Arya

Sore Yang Sejuk di Lapas Perempuan Palembang | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya