Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM Puji Bersih & Tertatanya Lapas Tanjungpandan

Widyaiswara Ahli Utama BPSDM Hukum dan HAM Puji Bersih & Tertatanya Lapas Tanjungpandan

Belitung, INFO_PAS - Tim Pembina Wilayah I Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBB) melalui Widyaiswara Ahli Utama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Ma’mun, mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan, Kamis (5/3). Kunjungan tersebut untuk memberikan penguatan, pendampingan, pembinaan kinerja , dan pembangunan ZI Menuju WBK/WBBM jajaran Lapas Tanjungpandan.

Pada kesempatan itu, Ma’mun didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Nur Azizah Rahmanawati. Kedatangan rombongan diawali dengan laporan kondisi terkini Lapas Tanjungpandan oleh Kepala Regu Pengamanan, Ary Irsan. Selanjutnya, rombongan didampingi para pejabat struktural meninjau langsung dapur lapas untuk mengecek penyajian menu makan sore Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebelum dibagikan ke blok dan kamar hunian.

Di dapur lapas, Ma’mun sempat mencicipi nasi dan kualitas rasa masakan untuk WBP. “Dapurnya bersih. Terus pertahankan dan tingkatkan,” pesannya.

Selanjutnya, rombongan meninjau ruang laktasi, toilet umum, dan wisma anak. Selain itu, blok perempuan dan lapangan utama lapas pun tidak luput dari pantauan. Ma’mun meminta kebersihan kamar dijaga, kamar mandi wisma anak juga segera dirapikan. Ia juga berpesan agar segera disiapkan ruang ramah anak bagi pengunjung.

“Keseluruhan sudah baik, tertata, dan bersih. Tinggal segera diperbaiki hal-hal yang masih kurang,” pintanya.

Sambil berkeliling lapas, Ma’mun mengungkapkan langkah-langkah pembangunan WBK/ WBBM harus diawali dengan penyamaan persepsi dan pandangan seluruh jajaran. Ia juga menyebut kunci keberhasilan WBK, diantaranya dukungan anggaran, komitmen, budaya pelayanan 3S, tim yang solid untuk keluar dari zona nyaman, sosialisasi, pengaduan sebagai dasar perbaikan, serta dukungan pimpinan dan stakeholder.

“Komitmen untuk keluar dari zona nyaman dan berinovasi ini yang utama. Seluruhnya harus satu persepsi dengan komitmen ini,” tegasnya

 

Sementara itu, Kepala Lapas Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, melalui Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas, M. Jawad Cirry, menjelaskan progres pelaksanaan ZI Menuju WBK / WBBM telah berjalan diawali Deklarasi Janji Kinerja 2020. “Kami juga rutin menggelar inspeksi mendadak di blok hunian dan tes urin seluruh WBP kasus narkoba. Kami berkomitmen untuk memberantas handphone, pungutan liar, dan narkotika serta melaksanakan tugas dan fungsi sesuai standar operasional prosedur,” janjinya.

 

Dalam hal pelayanan, saat ini sudah ditugaskan dua duta layanan untuk melayani masyarakat yang datang berkunjung ke Lapas Tanjungpandan. “Semua masukan segera kami tindak lanjuti dan kami akan bekerja cepat untuk melakukan perubahan. Dengan perubahan itu diharapkan Lapas Tanjungpandan terbangun ZI dan memperoleh predikat WBK,” harap Jawad.

 

 

 

Kontributor: Lapas Tanjungpandan

What's Your Reaction?

like
2
dislike
1
love
0
funny
0
angry
1
sad
0
wow
0