Dihadapan Ombudsman RI, Pemasyarakatan Terus Memberikan Layanan Terbaik

Jakarta, INFO_PAS - Dengan keterbatasan sarana prasarana, Pemasyarakatan terus memberikan layanan terbaik. Demikian salah satu poin yang disampaikan Direktur Jenderal Pemasyaraktan, I Wayan K Dusak saat menerima kunjungan dari Ombudsman RI, Kamis (16/6).

“Kami memiliki 16 layanan Pemasyarakatan di bidang pembinaan narapidana dan pelayanan tahanan, seperti asimilasi, bimbingan kerja, bimbingan rohani, CB, PB, remisi dan lainya, namun secara garis besar sebenarnya hanya ada dua yaitu pelayanan terhadap warga binaan dan pelayanan masyarakat yang di luar berkaitan dengan layanan kunjungan,” jelas Dusak.

Terkait layanan kunjungan, Dusak  menyampaikan bahwa ini ibarat buah simalakama. Sarana dan prasarana yang terbatas dan jumlah personil yang juga kurang namun tetap harus memberikan layanan yang terbaik dan terbagus. Dusak mencontohkan misalnya saat menggunakan anj

Dihadapan Ombudsman RI, Pemasyarakatan Terus Memberikan Layanan Terbaik

Jakarta, INFO_PAS - Dengan keterbatasan sarana prasarana, Pemasyarakatan terus memberikan layanan terbaik. Demikian salah satu poin yang disampaikan Direktur Jenderal Pemasyaraktan, I Wayan K Dusak saat menerima kunjungan dari Ombudsman RI, Kamis (16/6).

“Kami memiliki 16 layanan Pemasyarakatan di bidang pembinaan narapidana dan pelayanan tahanan, seperti asimilasi, bimbingan kerja, bimbingan rohani, CB, PB, remisi dan lainya, namun secara garis besar sebenarnya hanya ada dua yaitu pelayanan terhadap warga binaan dan pelayanan masyarakat yang di luar berkaitan dengan layanan kunjungan,” jelas Dusak.

Terkait layanan kunjungan, Dusak  menyampaikan bahwa ini ibarat buah simalakama. Sarana dan prasarana yang terbatas dan jumlah personil yang juga kurang namun tetap harus memberikan layanan yang terbaik dan terbagus. Dusak mencontohkan misalnya saat menggunakan anjing pelacak. “Banyak juga yang protes karena anjing mengendus orang yang mau berkunjung, ini salah satu kendala yang kami hadapi,” tambahnya.

"Kami juga sudah mulai memberikan pelayanan online agar bisa mempercepat pemberian layanan, seperti Remisi online dan PB online, kita usahakan semula layanan bisa berbasis teknologi informasi," ujar pria yang pernah menjabat Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat ini.

Koordinator Bidang Penyelesaian Laporan/Pengaduan Ombudsman RI, Dominikus Dalu S, menyampaikan bahwa laporan pengaduan masyarakat terkait pelayanan di pemasyarakatan setiap tahun angkanya tidak terlalu banyak berubah. Tidak terlalu banyak juga, hanya ratusan pengaduan bila dibandingkan dengan warga binaan yang ribuan,” ujar Dominikus. “Respon dari jajaran Pemasyarakatan juga sangat baik," tambah Dominikus.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami berharap pertemuan ini dapat mempermudah tugas dan fungsi Pemasyarakatan maupun Ombudsman. “Kami berharap Ombudsman bisa menyampaikan kepada kami apa yang bisa kami perbaiki, dan ketika kami membutuhkan  pendampingan kami bisa menghubungi Ombudsman,” tutup Utami.

Humas Ditjen PAS

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0