Lapas Kelas IIA Tangerang Luncurkan 10 Inovasi Pelayanan Publik

Lapas Kelas IIA Tangerang Luncurkan 10 Inovasi Pelayanan Publik

Tangerang, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tangerang meluncurkan 10 inovasi pelayanan publik dalam Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Selasa (11/8). Turut hadir Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Banten, Kepala Divisi Pemasyarakatan Banten, jajaran Lapas Kelas II Tangerang, serta media online dan cetak.

Adapun 10 inovasi yang diluncurkan adalah:

1. TEMU SAPA (Tetap Bertemu Saat Pandemi) 

2. SATRIO (Sistem Antrian Online

3. SAFIRA (Sistem Antrean Face ID Narapidana)

4. GEROBAK SEHAT Lapas Tanggo 

5. SAPU DEWA (Sarana Pengaduan Dengan WhatsApp)

6. SERGAP (Self Service Warga Binaan Pemasyarakatan)

7. TENAR ANJUNGAN (Stempel Sinar UV Demi Keamanan dan Kunjungan)

8. CEKATAN (Cek Atribut dan Kelengkapan)

9. JAGO TAYANG (Jalur Disabilitas Go dan Duta Layanan Kunjungan)

10. YEL-YEL WBK/WBBM 

Peluncuran inovasi tersebut untuk meningkatkan dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pada umumnya dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) demi terciptanya kenyamanan, kepuasan, dan komunikasi dalam membangun citra positif Pemasyarakatan yang lebih baik. Pujian pun disampaikan Kakanwil Kemenkumham Banten, R. Andika Dwi Prasetya, khususnya inovasinya TEMU SAPA dimana WBP di lapas dapat berkunjung dengan keluarga di luar dengan menggunakan media telepon interkom dan jendela sebagai pembatas keduanya. 

"Ini menjadi terobosan baru sebagai solusi terbaik untuk tetap memberikan hak kunjungan WBP dengan keluarga dan tetap mengikuti protokol kesehatan. Sangat bagus dan menarik," puji Andika.

Kepala Lapas Kelas IIA Tangerang, Prihartati, menjelaskan ini merupakan bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan WBP dalam mewujudkan Pemasyarakatan yang bersih menuju WBK/WBBM. “Terima kasih kepada Bapak Kakanwil telah meresmikan inovasi pelayanan kami. Saya harap kita semua dapat memberikan yang terbaik untuk Kemenkumham dalam pelayanan publik yang prima," harap Prihartati.

Sebelumnya, kegiatan dibuka dengan laporan Kalapas Kelas IIA Tangerang, pemutaran video inovasi, sambutan Kakanwil Kemenkumham Banten, pengguntingan pita pada layanan TEMU SAPA serta layanan GEROBAK SEHAT, sebelum ditutup dengan pemukulan bola voli pertama oleh Kakanwil dalam pembukaan Pekan Seni dan Olahraga Narapidana menyambut Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia.

 

 

 

Kontributor: Chyntia Idha

What's Your Reaction?

like
1
dislike
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1