Pekanbaru, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru sangat serius dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan WIiayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada satuan kerjanya. Segala bentuk pelayanan terus diperbarui dan dibuat senyaman mungkin demi terlaksananya pelayanan prima, transparan, dan akuntabel.
Demi mendapatkan dukungan dari masyarakat, khususnya keluarga pengunjung, Kepala Lapas (Kalapas) Pekanbaru, Yulius Sahruzah, beserta jajarannya melakukan pendekatan khusus dalam bentuk sosialisasi di gerai layanan Pemasyarakatan Lapas Pekanbaru, Senin (29/4). Ia mengatakan saat ini Lapas Pekanbaru merupakan salah satu lapas yang termasuk dalam program revitalisasi nasional sehingga harus berbenah dari pelayanan yang sulit, berbelit, dan menggunakan uang direformasi menjadi pelayanan prima hitungan menit.
“Semua pelayanan yang ada di lapas, gratis. Kalau ada petugas yang minta uang, laporkan kepada saya atau hubungi nomor pengaduan di banner dan spanduk,†ucap Yulius.
Ia menjelaskan Lapas Pekanbaru juga menyediakan layanan pengaduan langsung yang berada di ruang pendaftaran kunjungan atau bisa juga melapor via aplikasi LAPOR. Bahkan, pengaduan melalui website serta media sosial resmi Lapas Pekanbaru pun akan dilayani dan ditindaklanjuti. Saksi dan pelapor akan dijamin kerahasiaan dan keselamatannya karena lapas pun menyediakan layanan Whistle Blowing System.
[caption id="attachment_78392" align="aligncenter" width="300"] sosialisasi kepada pengunjung[/caption]
Demi memantau kepuasaan pengunjung, pihak lapas telah menyediakan monitor Indeks Kepuasaan Masyarakat (KM) digital yang harus diisi pengunjung usai berkunjung. Setiap bulan, IKM ini dimonitoring dan langsung dievaluasi oleh Tim Kelompok Kerja WBK/WBBM bersama Kalapas Pekanbaru.
“Semua layanan ini kami persembahkan untuk memudahkan masyarakat. Maka dari itu, kami harapkan dukungannya. Jangan berikan imbalan ataupun hadiah kepada petugas kami,†pinta Kalapas.
Menutup sosialisasi, Yulius menyampaikan permintaan maaf apabila masih ada pelayanan yang kurang memuaskan serta berharap sarann masukan dari pengunjung lapas. Saran dan masukan dapat disampaikan melalui petugas layanan kunjungan atau kotak saran yang telah disediakan di depan pintu keluar lapas.
Â
Kontributor: Lapas Pekanbaru