Kumham PR Summit 2021: Optimalkan Peran Humas dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Kumham PR Summit 2021: Optimalkan Peran Humas dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

Jakarta, INFO_PAS – Kehumasan memegang peranan penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. Menyadari hal ini, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Kumham PR Summit 2021 bertajuk “Sinergi Humas Kemenkumham untuk Indonesia Tangguh di Era Ekonomi Digital”. Kegiatan ini diselenggarakan di Jakarta, Selasa-Rabu tanggal 23-24 November 2021 dan diikuti secara langsung maupun virtual oleh jajaran kehumasan Unit Eselon I, Kantor Wilayah (Kanwil), hingga Unit Pelaksana Teknis Kemenkumham di seluruh Indonesia.

Pada hari pertama, peserta diberikan materi dan berdiskusi mengenai posisi strategis humas instansi di era ekonomi digital, membangun sinergi tim kehumasan yang tangguh, dan strategi komunikasi humas Kemenkumham 2021. Materi-materi ini diberikan oleh praktisi, ahli, akademisi, dan pemangku kebijakan di bidang kehumasan, seperti Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama, Sekretariat Jenderal Kemenkumham, Heni Susila Wardoyo; Wakil Rektor IV London School of Public Relations, Lestari Nurhajati; Dewan Pakar Badan Pengurus Pusat Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia, Nia Sarinastiti; Kepala Subdirektorat Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan, Dwi Astuti; Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin; dan Konsultan Strategi Komunikasi Kemenkumham, Bane Raja Manalu.

Sementara di hari kedua, peserta diberikan materi mengenai media relations untuk manajemen krisis, membangun ketertarikan masyarakat melalui media sosial, serta optimalisasi layanan informasi dan aduan di era ekonomi digital. Materi disampaikan oleh Co-founder Sepikul Indonesia, Imam Sjafei; Head of Brand Communication Narasi, Susangga Surya Alam; Executive Vice President Sentra Layanan Digital BCA, Wani Sabu; Kepala Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan Direktorat Jenderal Pajak, Nico Herry Janto; serta Manager Contact Center and Service Desk PT Indonesia Comnets Plus, Yudistiro Yanuarianto. Kegiatan makin menarik karena dilaksanakan secara interaktif melalui diskusi, diselingi dengan kuis dan hiburan.

Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas), Rika Aprianti, mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, transfer knowledge dan sharing session seperti ini sangat membantu meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kehumasan dalam menjalankan tugasnya.

“Ilmu-ilmu seperti inilah yang kami butuhkan, para pengelola kehumasan. Terlebih, kami di Ditjenpas sering sekali menghadapi situasi krisis. Semoga dengan bertambahnya pengetahuan ini, kita dapat menyelesaikan isu-isu dengan lebih tenang, bahkan dapat menghindari terjadinya krisis dengan persiapan yang matang,” harapnya.

Salah satu peserta dari Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, Mahendra Fajrin, menyebut kegiatan ini sangat menarik karena menawarkan banyak perspektif baru dalam hal kehumasan. “Semoga bisa memberikan penyegaran, baik untuk level staf hingga pengambil kebijakan, sehingga memberikan kontribusi positif dalam menjaga citra Kemenkumham,” tuturnya. (afn)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0